Tanpa harus mengeluarkan biaya promosi atau biaya iklan tambahan, penjualan Anda dapat ditingkatkan minimal 10 % bila Anda mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Lakukan mystery shoping ,
2. Evaluasi dan upgrade keahlian atau selling skill tenaga penjual Anda,
3. Tingkatkan kemampuan tenaga penjual Anda dalam memberikan pelayanan prima kepada calon, pelanggan baru dan pelanggan setia Anda,
4. Baca tulisan saya di http://tokenkomunikasi-zainal.blogspot.com/2011/07/pernahkah-bapak-dan-ibu-berhitung.html.
Inti dari tulisan saya tersebut adalah yang datang ke toko, outlet, showroom Anda dapat kita kategorikan ke dalam 4 kategori:
1. Ingin melihat-lihat (tidak ada niat untuk beli tapi masih bisa dipengaruhi untuk membeli). Kini rekreasi tidak harus ke Ancol misalnya. Pilihan tujuan rekreasi kini sudah berubah bukan hanya ke objek wisata alam tapi ke mall, plaza dan supermarket. Jadi bisa jadi orang yang datang ke toko, outlet atau showroom Anda hanya ingin rekreasi, mencari informasi, atau sekedar iseng untuk menghabiskan waktu. Di sini, Anda bisa menggunakan teknik yang menciptakan impulse buying (membeli tanpa direncanakan). Jadi, bila 4 langkah di atas dilakukan, bertambahlah penjualan Anda.
2. Ingin melihat-lihat (tidak ada niat untuk beli dan TIDAK bisa dipengaruhi untuk membeli). Tipe yang ini kadang banyak menghabiskan waktu tenaga penjual Anda. Ini yang merugikan Anda (Anda sudah lihat penjelasannya di tulisan saya ini http://tokenkomunikasi-zainal.blogspot.com/2011/07/pernahkah-bapak-dan-ibu-berhitung.html bukan?). Mengapa demikian? Lihat di penjelasan butir 4 di bawah ini.
3. Ingin membeli tapi mencari harga yang termurah, model atau desain terbaru, kualitas terbaik, dan sebagainya. Kemampuan selling skill tenaga penjual Anda akan mengalihkan perhatian calon pelanggan dari alasan-alasan di atas sehingga biar harganya, modelnya, kualitasnya tidak persis seperti yang mereka harapkan, mereka tetap membeli produk, barang atau jasa yang Anda jual. Kuncinya di selling skill. Jadi, bila selling skill tenaga penjual ini Anda latih, bertambahlah penjualan Anda.
4. Ingin membeli, benar-benar ingin membeli. Di sini Anda hanya perlu benar-benar memberikan perhatian padanya, memberikan service padanya sehingga dia tidak lari. Tapi justru yang terjadi adalah dia tidak jadi membeli karena pegawai Anda sibuk melayani pelanggan kategori 2 yang hanya ingin melihat-lihat dan memang TIDAK ingin membeli. Maka jika tenaga penjual Anda dilatih dalam selling skill dan pelayanan prima, maka pelanggan yang ingin membeli ini akan mampu Anda tangkap (melalui tenaga penjual terlatih Anda), namun tetap tidak mengesampingkan pelanggan ketori 2 dan tidak menyakiti hatinya, karena di masa datang dia akan benar-benar datang untuk membeli bukan hanya untuk melihat-lihat saja. Maka bertambahlah penjualan Anda. Hasil finalnya, Anda akan meningkatkan penjualan Anda (saya optimis minimal 10% persen) dan itu tanpa harus mengeluarkan tambahan biaya promosi dan periklanan. Percayalah.
Kini tugas Anda adalah melatih selling & communication skill tenaga penjual Anda dan memberikan pengajaran padanya mengenai pelayanan prima.
Jangan ragu dan khawatir, hubungi saya di zainalnaseventy@gmail.com atau SMS di 0816 197 3045 bila Anda ingin melatih dan meningkatkan selling & communication skill serta kemampuan mereka dalam memberikan excellent service (pelayanan prima).
Semoga sukses
Zainal Abidin Partao
Catatan: bila Anda ingin menyebarluaskan tulisan ini, demi kecintaan saya pada Anda dan kebahagiaan saya untuk kemajuan Anda, saya izinkan asal menyebutkan sumbernya di http://tokenkomunikasi-zainal.blogspot.com/.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar